Rabu, 06 Desember 2017

Pngenalan OOP

Saat mempelajari OOP, Anda akan mengenal tentang : 

1. Encapsulation (Pembungkusan)
Encapsulation merupakan sebuah karateristik OOP dimana program terbungkus (menjadi satu) data (property/field) dan prilaku (fungsi/method), artinya lebih memperhatikan aspek internal daripada aspek insternal

2. Polymorphison (Banyak Bentuk)
Polymorphison merupakan suatu karakter OOP dimana objek yang berbeda dapat memakai method dengan nama yang sama pada suatu class

3. Inheritance (Turunan)
Inheritance merupakan suatu karakteristik OOP dimana class (parent class/base class) dapat diturunkan ke class yang lain (child class/derived class) sehingga class anak dapat memiliki data atau perilaku dari orang tuanya

Sintak-Sintak OOP

OOP pada PHP sama seperti konsep OOP pada biasanya, yaitu ada Class, Object, Property, Method, Inherintace, dan lain-lain
1. Class
class bila di ibaratkan adalah pembungkus untuk atribut/
property dan method dalam OOP. Adapun cara penulisan class adalah sebagai berikut :
class Manusia {
//Property dan method ditulis disini 
}

Pada kode tersebut, kita membuat sebuah class bernama manusia yang akan menjadi tempat property dan method yang akan dibuat, cara penulisan class adalah dengan menggunakan huruf besar di awal.

2. Object
Setelah kita membuat class, kita akan berbicara tentang object. object digunakan untuk suatu object berdasarkan class. Kalau di ibaratkan class adalah cetakan dan object adalah hasil jadinya. contoh class adalah manusia maka object adalah manusia itu sendiri , contoh nama manusia.

class Manusia {
//Property dan method ditulis disini 
}
$mazdan = new Manusia(); //Object
cara penulisan object adalah dengan cara membuat variabel dan mengetikan sintak new

3. Access Modifer
access modifer adalah hak akses yang ada di OOP. Hak Akses yang ada pada OOP ada tiga yaitu :

a. Public 
Ketika Property/Method memiliki hak akses public, maka property/method tersebut bisa diakses di luar class bisa berlangsung di akses dari object.(untuk penjelasan property, method dan turunan ada dibawah

b. Protected
Ketika Property/Method memiliki hak akses Protected, maka property/method hanya bisa di akses didalam class dan aka diturunkan ke class turunan nya, , property/method tersebut tidak bisa di akses secara langsung dari object/ di luar class

c. Private
Ketika property/method memiliki hak akses private, maka property/method tersebut tidak bisa diakses di luar class dan juga tidak akan di turunkan kepada class turunan nya

4. Property 
Property adalah sebuah variable yang ada di dalam class. kalau di ibaratkan sebagai manusia , property adalah segala sesuatu yang ada pada tubuh nmanusia , seperti mata, telingan , mulut hidung, tangan, kaki, dan sebagai nya

adapun cara penulisan property adalah dengan menuliskan hak akses/access modifier , lalu buat nama variable/propertynya contohnya:

class Manusia {
public $tangan;
public $nama;
}
 $mazdan = new manusia();
$tangan dan $nama adalah property yang ada dalam class Manusia, property $nama dan tangan memiliki hak akses public, artinya bisa diakses secara langsung dari object. Contohnya:
class Manusia {
public $tangan;
public $nama = "mazdanang";
}
 $mazdan = new manusia();
echo $mazdan->nama;
Kira menampilan isi dari $nama yang ada di class Manusia, maka hasilnya "Aji Kamaludin";

5. Method
Method adalah fungsi yang ada di dalam class. method ini bila di ibaratkan dalam object, contoh manusia , method adalah apa saja hal yang bisa dilakukan oelh manusia, contohnya seperti makan, minum, berjalan, melihat , dan lain-lain

Adapun cara penulisan method adalah hak akses dari fungsi, lalu tulis fungsinya. contoh sebagai berikut :
class Manusia {
 public function membaca(){
                   echo "manusia membaca buku"; 
                                            }
$mazdan = new Manusia();
$mazdan->membaca(); 
Dalam class, kita membuat method membaca, karena memiliki hak akses public, maka membaca bisa dipanggil dari luar class, apabila dijalankan hasilnya adalah "manusia membaca buku".

6. Setter and Getter
Setter adalah method yang digunakan untuk memasukan data ke dalam property, sedangkan Getter adalah method yang digunakan untuk mendapatkan data.

Fungsi dari setter dan getter adalah untuk memasukan dan mendapatkan data dari property yang memiliki hak akses private/protected.adapun contoh setter dan getter:

class Manusia {
private $nama
public function setNama($nama){                //contoh dari setter
                         $this->nama = $nama;
                                                   }
public function getNama(){                         // contoh dari getter
                         return $nama;
                                                  }
}
$mazdan = new Manusia();
$mazdan->setNama('mazdan');                                 // memanggil setter
echo $mazdan->getNama();                               // memanggil getter
7.Variable this 
variable this($this) adalah sebuah variable yang menandakan kalau property atau method berada dalam class tersebut. Contohnya:

class Manusia{
private $nama
public function tampilkanNama(){
                         echo $this->nama;                //contoh dari penggunaan $this
                                                      }
}
8. Constructor
Constructor adalah salah satu method bawaan dari OOP PHP dalam class Constructor adalah fungsi yang paling pertama dijalankan ketika object dibuat. constructor harus memiliki hak akses public.

Adapun cara penulisan constructor adalah dengan menuliskan __construct() contohnya:

class Manusia{
public fungtion __construct(){
                       echo "Fungsi Construct dipanggil";
                                               }
}
// fungsi __construct dipanggil ketika object ini dibuat
$aji = new Manusia();

Maka hasil dari kode tersebut adalah "Funsing Construct dipanggil".

9. Destructor
Destructor adalah salah satu method bawaan dari OOP PHP dalam class Destructor adalah fungsi yang paling akhir dijalankan ketika semua kode sudah dijalankan. Destructor hrus memiliki hak akses publik

adapun cara penulisan destructor adalah dengan menuliskan __destruct();, contoh penulisanya :
class Manusia {
public function __destruct(){
                       echo ""Fungsi Destruct dipanggil";
                                           }
}
$mazdan = new Manusia();
echo "hallo<br>";
echo "tampil ke dua<br>";
// fungsi destruct di panggil paling akhir file
10. Inheritance
 inheritance/pewarisan merupakan salah satu konsep OOP, maksud dari pewarisan adalah class anak/sub-class dapat memiliki sifat dari parent class/master class. apabila di ibaratkan seperti manusia, maka anak akan memiliki bawaan dari orang tua, baik itu sifat maupun penampilan. apabila orang tuanya warna kulitnya hitam maka anaknya kemungkinan besar punya kulit hitam.

Dalam pewarisan sifat ini, property dan method yang memiliki hak akses public dan protected yang akan diturunkan kepada anak. pewarisan dilakukan dengan menuliskan fungsi extends di class anak, contohnya sebagai berikut:
class OrangTua{

protected $rambut = "hitam";
public funvtion tampilkan(){
       echo "Warna rambutnya adalah :".$this->rambut;
                                            }

}

class Anak extends OrangTua{

}

$mazdan = new Anak();
$mazdan->tampilkan();

Maka hasilnya adalah "Warna rambutnya adalah : hitam", karena class anda memiliki property bawaan $rambut dan memiliki fungsi bawaan tampilkan(). Apabilatidak di override/overriding (menulis ulang fungsinya). maka fungsi bawaan dari class OrangTua yang akan berjalan. Contoh dari overriding. tambahkan fungsi berikut di class anak :

class Anak extends OrangTua{

protected $rambut = "Merah";

public function tampilkan(){

                     echo "rambutnya: ".$this->rambut;

                                       }

}
Maka hasilnya adalah "Rambutnya Merah";

11. Abstract Class
Abstract class sama seperti class biasa, bedanya dia harus memiliki anak dan tidak bisa langsung dijadikan object, harus class anaknya yang dijadikan object.
Adapun cara penulisannya menggunakan abstract class, contohnya sebagai berikut:

abstract class MakhlukHidup {
protected $mata = 2;
public function tampilkan(){
                         echo "Manusia memiliki ". $this->mata."Mata";
                                            }
}
class Manusia extends MakhlukHidup{
}
$mazdan -> new Manusia();
$mazdan->tampilkan();
Maka hasilnya adalah "Manusia memiliki 2 mata". sekilas sama seperti class biasa, tapi abstract class tidak bisa dibuat object misalnya new MakhlukHidup();, maka akan terjadi kesalahan error.

12. Interface
Interface adalah suatu aturan method dan property apa saja yang harus ada dalam suatu class, class harus melakukan overriding dari interface yang digunakan, cara penggunaan dari interface yang digunakan, cara penggunaan dari interface adalah dengan "implements".

Apabila di ibaratkan dalam kehidupan sehari-hari, interface adalah peraturan dari sekolah, class yang implements dari interface adalah murid dari sekolah, apabila murid tidak mematuhi peraturan dari sekolah, maka murid akan dikeluarkan. hal ini sama seperti jika class yang melakukan implements tidak melalukan override di property atau method yang ada di interface , maka akan terjadi error. adapun contoh penggunaan interface sebagai berikut ;

interface Sopan {
public function menyapa();
                        }
class Manusia implements Sopan(){
public function menyapa() {
                        echo "Halo apa kabar ?";
                                           }
}
 $mazdan = new Manusia();
$mazdan -> menyapa();

Apabila class manusia tidak membuat method menyapa(), maka akan terjadi error. hasilnya adalah "Halo apa kabar ?".

13. Scope Resolution Operator
Scope Resolution Operator adalah cara pemanggilan property/method dari class secara langsung tanpa perlu membuat sebuah object.

adapun cara penggunaannya adalah dengan menulis :: diantara class dan property/method yang dipanggil, Class::method() atau Class::property. contoh penggunaan dari resolution adalah sebagai berikut :
class Manusia {
   public function menyapa(){
                 echo "Hallo apa kabar ?";
                                             }
}
Manusia::manyapa();

maka hasilnya adalah "Hallo apa kabar ?".

14. Self Keyword
self keyword digunakan untuk memenggil property/method milik dirinya sendiri. cara penggunaanya menggunakan self::method(), contohnya sebagai berikut ini:

class OrangTua{
public function tampilkan(){
          self::tempat();
          $this->tempat();
                                            }
public function tempat(){
        echo "ini fungsi orangtua<br>";
                                       }
}
class Anak extends OrangTua{
         public function tempat(){
                   echo "ini fungsi anak<br>";
                                                 }
}
$mazdan = new Anak();
$mazdan->tampilkan();

Maka hasilnya adalah:
"ini fungsi orangtua
ini fungsi anak"
jadi fungsi self:: tersebut adlah untuk membaca method yang ada di class dimana self:: itu dipanggil

15.Parent Keyword
Parent Keyword digunakan untuk memanggil property atau method milik parent dari suatu class, cara penggunaanya menggunakan parent::method();

Dengan adanya parent keyword ini, kita bisa memanggil fungsi asli dari parent class/master class, walaupun fungsi itu sudah di override oleh class child/sub-class. contoh penggunaanya sebagai beikut:

class OrangTua{
public function tempat(){
           echo "ini fungsi orang tua<br>";
                                        }
}
class Anak extends OrangTua{
public function tampilkan(){
           parent::tempat();
           $this->tempat();
                                            }
public function tempat(){
            echo "Ini fungsi anak <br>";
                                        }
}
$mazdan = new Anak();
$mazdan->tampilkan();

maka hasilnya akan :
"ini fungsi orangtua
ini fungsi anak"
jadi fungsi parent:: tersebut adalah untuk membaca method yang ada di class parent dari class anak.

Sumber : Buku Lokomedia - Bikin Framework PHP sendiri dengan teknik OOP & MVC , David Naista, Blog Mas Aji
Read more ...

VYM Aplikasi Mind Mapping/Peta Pemikiran di Linux


Apa itu VYM ?

VYM (View Your Mind) adalah alat untuk menghasilkan dan memanipulasi peta yang menunjukkan pengalaman anda. peta tersebut dapat membantu Anda untuk meningkatkan kreativitas dan efektifitas. Anda dapat menggunakannya untuk manajemen waktu, untuk mengatur tugas, untuk mendapatkan gambaran konteks yang lebih kompleks, untuk memilah ide-ide Anda dll



Maps (Gambaran) dapat dibentuk dengan tangan di atas kertas atau flip chart dan bantuan untuk struktur sesuai keinginan Anda. Sementara pohon seperti struktur seperti ditampilkan pada halaman ini dapat ditarik dengan tangan atau perangkat lunak menggambar vym menawarkan lebih banyak fitur untuk bekerja dengan gambaran tersebut.

vym tidak seperti perangkat lunak gambar lain, tetapi alat untuk menyimpan dan mengubah informasi dengan cara yang intuitif. Misalnya Anda bisa menyusun ulang bagian dari peta dengan menekan tombol atau menambahkan berbagai informasi seperti email lengkap dengan klik mouse sederhana.

Mengapa VYM ?

Sebuah peta dapat berkonsentrasi konten yang sangat kompleks pada sedikit ruang mis selembar kertas. Ini membantu untuk menggunakan kedua sisi otak Anda: sisi logis dan juga sisi kreatif Anda (misalnya dengan menggunakan gambar, warna dan kata kunci dalam peta, disebut jangkar). Ini adalah teknik untuk mengatur cara Anda berpikir: Ini dapat membantu Anda dengan mengembangkan, menyortir dan menghafal pikiran Anda.

Karena Anda hanya menggunakan kata kunci dan gambar, jauh lebih cepat dari catatan kuno yang baik. Otak Anda menghafal hal dengan menghubungkan mereka untuk hal-hal lain - peta memanfaatkan koneksi tersebut dan merangsang asosiasi baru.

vym dirancang untuk membuat perubahan dalam peta sangat mudah: misalnya jika Anda menggunakannya untuk manajemen waktu, hanya memindahkan tugas ke tempat lain atau recolor dengan klik mouse sederhana untuk menetapkan ke hari lain dalam seminggu atau untuk memberikan prioritas baru.

Ada banyak halaman web (lihat misalnya link Wikepedia bawah) dan juga buku-buku di luar sana, memberikan banyak informasi tentang bekerja dengan peta.
Read more ...

Mempartisi Linux agar lebih awet

Tips Trick mempartisi : ( membuat harddiskanda lebih awet)

1.Partisi Linux Hanya Bisa Dibuat 4 Partisi primare

2.Buat Ruang SWAP terlebih dahulu karena biasanya partisi paling awal adalah yang diakses paling awal (Swap biasanya berukuran 2 X RAM)

3.Buat Partisi Yang digunakan Untuk Linux mininal 9GB untuk ubuntu / debian dengan format kalo bisa ext4 dan jangan meng-install linux 1 partisi dengan WINDOWS

4.Jika di DUAL-BOOT dengan Windows Partisi Dulu dengan mengunakan Live-CD Linux
     !!!!! Jangan Mempartisi mengunakan Windows karena jika anda tidak bisa mengunakan nya maka akan ada sebagian memori yang tidak terpartisi atau terciptanya sarang virus

5.Buat Partisi untuk data-data atau file anda data jangan satu partisi dengan linux atau windows karena akan lebih aman

6.jika membuat partisi lebih dari 4 maka partisi ke 4 dibuat extendert agar bisa dibuat partisi lagi

Sekian Jika masih ada kesalahan mohon koreksinya
Read more ...

Menginstall Centos6.5

1.Boot Centos ke server anda, pilih install tekan enter seperti ganbar dibawah
2.muncul seperti dibawah tekan tap untuk menentukan pilihan pilih skip tekan
enter
3.muncul seperti gambar dibawah klik next
4.pilih bahasa klik next
5.pilih type keybord us amerika klik next
6.klik atau pilih basic stroge device klik next
7.masukan domain klik configure network
8.klik eth0
9.klik edit
10.klik ipv4 klik add masukan address netmask gateway dan dns, klik apply close klik next
11.pilih lokasi dan waktu asia/jakarta klik next
12.masukan password root anda klik next
13.pilih use all space klik next
14.klik write changes to disk
15.klik pilih basic server klik next
16. tunggu proses installasi selesai
17.klik reboot
Read more ...

Memformat FlashDisk Melalui Terminal

1.Tancapkan FlashDisk anda Ke PC/Laptop Anda
2.Buka Terminal dan masuk sebagai root dengan perintah "sudo su"
3. Masukan Perintah "ls /dev/ | grep sd" Akan Muncul


sda                     <<---ini ...="" anda="" br="" hardisk="">sda1
sda2
sda3
sda4
sdb                     <<--ini anda="" br="" flashdisk="">
sdb1
4.Unmount Flashdisk Anda Dengan Perintah " umount /dev/sdb1" Apapun yang muncul bukan masalah
5.Terahir Format FlashDisk Anda dengan Perintah "mkfs.vfat /dev/sdb1"
Untuk Menformat Flashdisk Anda Dengan Format FAT
Read more ...

Mengistall Mixx di LinuxMint

Mengistall Mixx yaitu cukup denga perintah
apt-get install mixxx


baca tentang Mixxx di Sini
Read more ...

Menjeda dan Melanjutkan Perintah di Terminal

1. Cara Men-Jeda Perintah Yaitu dengan menekan CTRL+Z

2.Cara Melajutkan Perintah yaitu Dengan perintah "fg"

jobs - menampilkan daftar job yang ditunta
fg - meneruskan job yang tertunda 1 sebelumnya
fg %[number] - meneruskan job sesuait urutan yang dipilih
bg - pekerjaan berikutnya dalam antrian ke latar belakang

bg% [jumlah] - pekerjaan [angka] ke latar belakang
 
kill% [jumlah] - mengahiri pekerjaan bernomor [angka]

 
kill - [sinyal]% [jumlah] - Mengirim sinyal [sinyal] untuk mengahiri nomor pekerjaan
  [angka]
 
disown% [jumlah] - memungkiri proses (tidak ada terminal lainnya akan menjadi pemilik), sehingga perintah akan hidup bahkan setelah penutupan terminal.
Read more ...