Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman.
Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat
melakukan suatu perhitungan atau 'pekerjaan' sesuai dengan keinginan si
pemrogram. Untuk melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman, dan pada banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika.
Pemrograman adalah suatu seni dalam menggunakan satu atau lebih algoritma yang saling berhubungan dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman tertentu sehingga menjadi suatu program komputer. Bahasa pemrograman yang berbeda mendukung gaya pemrograman yang berbeda pula. Gaya pemrograman ini biasa disebut paradigma pemrograman.
Apakah memprogram perangkat lunak lebih merupakan seni, ilmu, atau teknik telah lama diperdebatkan. Pemrogram yang baik biasanya mengkombinasikan ketiga hal tersebut, agar dapat menciptakan program yang efisien, baik dari sisi saat dijalankan (run time) atau memori yang digunakan.
Pemrograman adalah suatu seni dalam menggunakan satu atau lebih algoritma yang saling berhubungan dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman tertentu sehingga menjadi suatu program komputer. Bahasa pemrograman yang berbeda mendukung gaya pemrograman yang berbeda pula. Gaya pemrograman ini biasa disebut paradigma pemrograman.
Apakah memprogram perangkat lunak lebih merupakan seni, ilmu, atau teknik telah lama diperdebatkan. Pemrogram yang baik biasanya mengkombinasikan ketiga hal tersebut, agar dapat menciptakan program yang efisien, baik dari sisi saat dijalankan (run time) atau memori yang digunakan.
B. SEJARAH
Mekanisme Antikythera dari Yunani kuno adalah kalkulator menggunakan
persneling dari berbagai ukuran dan konfigurasi untuk menentukan
operasi, [3] yang dilacak siklus Metonik masih digunakan di
bulan-ke-surya kalender, dan yang konsisten untuk menghitung tanggal
olimpiade [4]. Al-Jazari dibangun Automata diprogram pada tahun 1206.
Salah satu sistem yang digunakan dalam perangkat ini adalah penggunaan
pasak dan Cams ditempatkan ke drum kayu di lokasi tertentu, yang secara
berurutan akan memicu tuas yang pada gilirannya dioperasikan instrumen
perkusi. Output dari perangkat ini adalah drumer kecil bermain berbagai
ritme dan pola drum. [5] [6] The Jacquard Loom, Joseph Marie Jacquard
yang dikembangkan pada tahun 1801, menggunakan serangkaian karton kartu
dengan menekan lubang di dalamnya. Pola lubang pola yang mewakili alat
tenun harus mengikuti menenun kain. Alat tenun bisa menghasilkan tenun
yang sama sekali berbeda dengan menggunakan kumpulan kartu yang berbeda.
Charles Babbage mengadopsi penggunaan kartu menekan sekitar tahun 1830
untuk mengendalikan Analytical Engine. Program komputer pertama ditulis
untuk Analytical Engine oleh matematikawan Ada Lovelace untuk menghitung
urutan Bilangan Bernoulli. [7] Sintesis perhitungan numerik, operasi
dan output telah ditentukan, bersama dengan cara untuk mengatur dan
masukan instruksi dengan cara yang relatif mudah bagi manusia untuk
hamil dan menghasilkan, menyebabkan perkembangan modern pemrograman
komputer. Pengembangan pemrograman komputer dipercepat melalui Revolusi
Industri. Pada akhir 1880-an, Herman Hollerith menemukan rekaman data
pada media yang kemudian dapat dibaca oleh mesin. Sebelum menggunakan
mesin dibaca dari media, di atas, telah untuk kontrol, bukan data.
"Setelah beberapa percobaan awal dengan kertas pita, ia menetap di kartu
menekan ..." [8] Untuk memproses kartu menekan ini, pertama kali
dikenal sebagai "kartu Hollerith" dia menciptakan tabulator, dan mesin
keypunch. Ketiga penemuannya dasar dari industri pengolahan informasi
modern. Pada tahun 1896 ia mendirikan Tabulating Machine Company (yang
kemudian menjadi inti dari IBM). Penambahan panel kontrol (plugboard) ke
1906 Tipe I Tabulator memungkinkannya untuk melakukan pekerjaan yang
berbeda tanpa harus secara fisik dibangun kembali. Pada akhir 1940-an,
ada berbagai mesin panel kontrol diprogram, disebut catatan unit
peralatan, untuk melakukan pengolahan data tugas.
Data dan instruksi dapat disimpan pada kartu punched eksternal, yang
disimpan dalam rangka dan disusun dalam deck. Penemuan arsitektur von
Neumann memungkinkan program komputer untuk disimpan dalam memori
komputer. Program awal harus susah payah dibuat dengan menggunakan
instruksi (operasi dasar) dari mesin tertentu, sering kali dalam notasi
biner. Setiap model komputer mungkin akan menggunakan instruksi yang
berbeda (bahasa mesin) untuk melakukan tugas yang sama. Kemudian,
perakitan bahasa tersebut dikembangkan yang memungkinkan programmer
menentukan setiap instruksi dalam format teks, singkatan memasukkan kode
untuk setiap operasi, bukan menetapkan sebuah nomor dan alamat dalam
bentuk simbolik (misalnya, ADD X, JUMLAH). Memasuki sebuah program dalam
bahasa assembly biasanya lebih nyaman, lebih cepat, dan kurang rentan
terhadap kesalahan manusia daripada menggunakan bahasa mesin, tetapi
karena bahasa assembly adalah sedikit lebih dari satu notasi yang
berbeda untuk bahasa mesin, setiap dua mesin dengan instruksi yang
berbeda set juga memiliki perakitan yang berbeda bahasa. Pada tahun
1954, FORTRAN diciptakan, melainkan tingkat pertama bahasa pemrograman
tinggi untuk memiliki implementasi fungsional, dibandingkan dengan hanya
desain di atas kertas [9] [10] (Sebuah bahasa tingkat tinggi adalah,
dalam istilah yang sangat umum,. bahasa pemrograman yang memungkinkan
programmer untuk menulis program dalam istilah yang lebih abstrak dari
instruksi bahasa assembly, yaitu pada tingkat abstraksi "lebih tinggi"
daripada bahasa assembly.) Ini memungkinkan programmer untuk menentukan
perhitungan dengan memasukkan formula secara langsung (misalnya Y = X * 2
+ 5 * X + 9). Program teks, atau sumber, diubah menjadi instruksi mesin
menggunakan program khusus yang disebut kompilator, yang diterjemahkan
program FORTRAN ke dalam bahasa mesin. Bahkan, nama FORTRAN adalah
singkatan dari "Formula Translation". Banyak bahasa lainnya
dikembangkan, termasuk beberapa program untuk komersial, seperti COBOL.
Program itu sebagian besar masih masuk menggunakan kartu punched atau
pita kertas. (Lihat pemrograman komputer di era kartu punch). Pada akhir
1960-an, perangkat penyimpanan data dan terminal komputer menjadi cukup
murah bahwa program dapat dibuat dengan mengetikkan langsung ke dalam
komputer. Teks editor tersebut dikembangkan yang memungkinkan perubahan
dan perbaikan harus dilakukan jauh lebih mudah dibandingkan dengan kartu
berlubang. (Biasanya, kesalahan dalam meninju kartu berarti bahwa kartu
harus dibuang dan yang baru menekan untuk menggantikannya.) Ketika
waktu telah berkembang, komputer telah membuat lompatan raksasa di
bidang kekuatan prosesor. Ini telah membawa bahasa pemrograman baru yang
lebih disarikan dari hardware. Meskipun bahasa tingkat tinggi biasanya
dikenakan biaya overhead yang lebih besar, peningkatan kecepatan
komputer modern telah membuat penggunaan bahasa ini jauh lebih praktis
daripada di masa lalu. Bahasa ini semakin disarikan biasanya lebih mudah
untuk belajar dan memungkinkan programmer untuk mengembangkan aplikasi
jauh lebih efisien dan dengan kode sumber kurang. Namun, bahasa tingkat
tinggi masih praktis untuk beberapa program, seperti yang di mana
tingkat rendah kontrol perangkat keras diperlukan atau di mana kecepatan
pemrosesan maksimum adalah penting.
Sepanjang paruh kedua abad kedua puluh, pemrograman adalah karier
yang menarik di sebagian besar negara maju. Beberapa bentuk pemrograman
telah lepas pantai semakin tunduk pada outsourcing (impor perangkat
lunak dan jasa dari negara lain, biasanya dengan upah rendah), membuat
keputusan karir pemrograman di negara maju lebih rumit, sementara
meningkatkan peluang ekonomi di daerah kurang berkembang. Tidak jelas
seberapa jauh kecenderungan ini akan berlanjut dan seberapa dalam dampak
akan programmer upah dan kesempatan.
E. Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Pemrograman
http://edprog.blogspot.co.id/2013/01/sejarah-pemrograman.html
F. Penutup
Semoga postingan saya ini sapat bermanfaat bagi kita yang membacaya.
yak itu sedikit dari saya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar