Kamis, 24 Agustus 2017

Membuat Database MySQL dengan Command Prompt


Membuat Database MySQL dengan CMD

Membuat Database MySQL dengan Command Prompt - Pada artikel ini, kita akan membuat Database Mysql dengan menggunakan Command Promt.
sebenarnya, ada dua versi tampilan yang dimiliki oleh sebuah komputer dan sistem operasinya, yang pertama yaitu GUI (Graphic User Interface) dan yang kedua yaitu CLI (Command Line Interface).
Keduanya sama-sama menarik, dan ada keunggulannya masing-masing. Tapi, di dalam sistem operasi Windows milik Microsoft ini, mereka menggunakan GUI untuk lebih menarik para konsumen, karena dengan GUI kita bisa mengkustomisasi tampilan sesuai yang kita inginkan, tapi sebenarnya di dalam GUI pun ada CLI yang bekerja, dan tampilan CLI ini sangat tidak bersahabat untuk para pemula apa lagi pengguna yang sukanya dengan cara yang instan. Nah, yang sekarang akan kita pakai adalah dengan cara CLI, tampilannya hanya layar hitam dan tulisan putih, tidak ada warna lain yang mendominasi.

Kita akan mencoba membuat database tentang anggota, yang di dalamnya terdapat beberapa table dan field yang mungkin cukup untuk mendefinisikan bagaimana cara membuat database di LAMPP dengan MySQL menggunakanCommand Prompt/Terminal.

1. buka terminal masuk ke root lalu tuliskan perintah
 Mysql -u root -p
                           


 2. MEMBUAT DATABASE
Sekarang kita masuk ke pembuatan Database nya, masukkan perintah berikut
disini saya menggunakan nama database yaitu 'mencoba'
CREATE Nama_database;
 setelah tampil seperti gambar tersebut berarti database berhasil di buat
3.MEMILIH DATABASE
ketika kita memilih database kita tulis perintah
Use (nama database yang ingin di pilih)
apabila telah tampil seperti gambar tersebut berarti telah berhasil
4. Membuat Tabel, Sekarang kita akan mengisi database tersebut dengan tabel yang berisi Informasi anggota pada database tersebut. masukkan perintah berikut. tabel dibawah mempunyai kolom kd_angg, nama dan alamat perintahnya.

Create table Anggota(
->kd_angg varchar(20)not null,
->nama varchar(30)not null,
->alamat varchar(10)
->primary key(kd_angg)
->);
5. Setelah Tabel berhasil kita buat, masukkan Data anggota di tabel tersebut dengan cara masukkan perintah berikut (perintah dibawah untuk memasukkan data / record secara berurutan).
6. Cek isi tabel untuk memastikan apakah data sudah terinput dengan perintah berikut
SELECT*FROM nama_tabel;
Referensi
http://uniqosmart.blogspot.co.id/2015/04/cara-membuat-database-mysql-dengan-cmd.html
Penutup
mungkin sedikit yang dapat saya bagikan, semoga berguna gan


Cintailah kekasihmu sewajarnya saja karena bisa saja suatu saat nanti ia akan menjadi orang yang kamu benci. Bencilah sewajarnya karena bisa jadi suatu saat nanti ia akan menjadi kekasihmu. (HR A-Tirmidzi)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar