Rabu, 08 November 2017

Merancang Program Kerja



Hasil gambar untuk program kerja

 Assalammu'alaikum wr. wb.

A. Pendahuluan
1. Pengertian
Pengertian proyek secara umum adalah merupakan sebuah kegiatan pekerjaan yang dilaksanakan atas dasar permintaan dari seorang pebisnis atau pemilik pekerjaan yang ingin mencapai suatu tujuan tertentu  dan dilaksanakan oleh pelaksana pekerjaan sesuai dengan keinginan dari pada pebisnis atau pemilik proyek dan spesifikasi yang ada. Dalam pelaksanaan proyek pemilik proyek dan pelaksana proyek memiliki hak yang diterima dan kewajiban yang harus dilaksanakan sesuai dengan batasan waktu yang telah disetujui bersama antar pemilik proyek dan pelaksana proyek. 
2. Latar Belakang Dengan merancang projek kita bisa tau apakah target kita tercapai atau tidak.
3. Maksud dan Tujuan -Menentukan target. -Mengetahui kita dapat komitmen atau tidak.
 
B. Jangka Waktu Pelaksanaan 1 hari
C. Uraian 
Karakteristik sebuah proyek :
1. Punya sasaran
2. Ada rentang waktu tertentu, ada awal dan akhirnya
3. Biasanya melibatkan beberapa departemen dan pofesional
4. Umumnya melakukan sesuatu yang sebelumnya tidak pernah dilakukan
5. Waktu, biaya, dan persyaratan kinerja yang spesifik.
Punya sasaran, proyek memiliki sebuah sasaran – misalnya : target pembangunan apartemen sederhana yang direalisasikan dengan membangun 11 tower dalam waktu 4 tahun. Pembangunan gedung kursus musik yang mampu menampung 50 siswa dengan beraneka jenis musik.
Karena ada asaran yang spesifik proyek memiliki sebuah akhir yang waktunya ditetapkan, berlawanan dengan tugas dan tanggung jawab yang terus menerus dilakukan dalam pekerjaan tradicional.
Tidak seperti banyak pekerjaan organizacional yang disegmentasi menurut kekhususan fungsional proyek umumnya membutuhkan usa gabungan yang terdiri dari berbagai spesialis.
Proyek sifatnya tidak rutin dan punya beberapa unsur unik. Ciri terakhir proyek memiliki waktu, biaya dan persyaratan kinerja khusus.
Proyek dievaluasi menurut pencapaian/penyelesaian, biaya, dan waktu yang dihabiskan.
Peran manajemen proyek sangat signifikan bagi keberhasilan proyek, terlebih proyek publik, antara lain untuk pencapaian efektivitas dan efisiensi proyek khususnya yang berhubungan dengan pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen proyek yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian proyek. Fungsi perencanaan terkait dengan pengendalian proyek, dimana alat ukur keberhasilan proyek adalah target capaian hasil yang ditentukan dalam perencanaan proyek. Di dalam perencanaan proyek ada prediksi kebutuhan dan analisa lingkungan. Fungsi pengorganisasian menyangkut pengelolaan SDM dan sumber daya lainnya dan bagaimana pekerjaan dan fungsi-fungsi dalam pekerjaan proyek dibagi-bagi dan kemudian diintegrasikan sehingga ada kesatuan gerak pencapaian hasil proyek. Fungsi pengarahan/penggerakan proyek adalah fungsi kepemimpinan dalam proyek untuk menggerakkan SDM, pola dan proses komunikasi dalam lingkungan internal dan eksternal proyek. Fungsi pengendalian proyek menyangkukt monitoring pada proses pelaksanaan proyek dan evaluasi pada akhir pekerjaan proyek.
D. Kesimpulan Jadi, dalam melakukan proyek kita harus merencanakan dulu apa saja yang harus dibutuhkan.
 
E. Referensi
http://tipsmotivasihidup.blogspot.co.id 
http://pratito-teuing.blogspot.co.id 

Sekian dan terimakasih.

Wassalammu'alaikum wr. wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar