Senin, 20 November 2017

PENGENALAN WEBSITE


                                               Assalamu'alaikum Wr. Wb.

kepada rekan-rekan, kali ini saya akan membahas tentang website nih, ada yang tahu nggak sih apa itu website?. Lalu seperti apakah bentuk dari website itu?. Mari kita ulas lebih dalam lagi tentang website. Simak terus dan baca dengan teliti.

A. JUDUL KEGIATAN
Berkenalan Dengan Website.

B. PENDAHULUAN
1. Pengertian
Menurut Wikipedia, Situs web (bahasa Inggris: website) adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi.
2. Latar Belakang
Dikarenakan kita sebagai pengembang dan pembuatan website, kita harus tahu apa yang dimaksud dengan website, apa fungsinya dan kenapa harus ada website. Kita harus lebih mengetahui hal yang sederhana dan kecil dahulu sebelum melangkah ke yang lebih tinggi derajatnya.
3. Maksud dan Tujuan
Memahami pengertian, manfaat dari website beserta maksud dan tujuan dari pembuatan website itu sendiri.
4. Hasil yang Diharapkan
Dapat memahami tentang website.

C. ALAT DAN BAHAN
- Komputer atau Laptop

D. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN KEGIATAN
-/+ 2 jam.
Hasil gambar untuk web site
E. URAIAN KEGIATAN
1. ULASAN
Web Site Disebut juga site, situs, situs web, atau portal. Secara makna sebuah website adalah sekumpulan halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet tanpa terbatas ruang dan waktu.
Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti Internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat Internet yang dikenali sebagai URL. Gabungan atas semua situs yang dapat diakses publik di Internet disebut pula sebagai World Wide Web atau lebih dikenal dengan singkatan WWW.
Sebuah halaman web merupakan berkas yang ditulis sebagai berkas teks biasa (plain text) yang diatur dan dikombinasikan sedemikian rupa dengan instruksi-instruksi berbasis HTML atau XHTML, kadang-kadang pula disisipi dengan sekelumit bahasa skrip. Berkas tersebut kemudian diterjemahkan oleh peramban web dan ditampilkan seperti layaknya sebuah halaman pada monitor komputer.
Situs web tersebut dapat diakses secara gratis oleh umum melalui protokol jaringan yang disebut dengan HTTP. Agar tingkat keamanan dan tingkat privasi lebih baik lagi, situs web dapat pula mengimplementasikan mekanisme pengaksesan melalui protokol HTTPS.
B. SEJARAH
Penemu situs web adalah Sir Timothy John "Tim" Berners-Lee, sedangkan situs web yang tersambung dengan jaringan pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika merancang situs web adalah untuk memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi pada sesama peneliti di tempat ia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat di mana Tim bekerja) mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh publik.
Biasanya pembahasan dalam sebuah situs web merujuk pada sebuah ataupun beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu. Situs web biasanya ditempatkan pada server web. Sebuah server web umumnya telah dilengkapi dengan perangkat-perangkat lunak khusus untuk menangani pengaturan nama ranah, serta menangani layanan atas protokol HTTP yang disebut sebagai Server HTTP (bahasa Inggris: HTTP Server) seperti Apache HTTP Server, atau Internet Information Services (IIS).
C. MANFAAT
  1. Dengan memiliki website untuk usaha, berarti usaha sudah berada selangkah lebih maju dibandingkan competitor yang belum memiliki website.
  2. Meningkatkan brand/prestise perusahaan mata pelanggan dan calon pelanggan.
  3. Melalui website dapat memberikan informasi secara update kepada pelanggan. Baik berupa informasi produk atau dukungan terhadap produk yang telah dibeli.
  4. Website menampung produk dan informasi sebanyak-banyaknya. (Media advertising terbatas).
  5. Media Advertising (koran, tabloid, brosur) hanya pancingan saja. Pembaca akan mencari informasi lebih banyak melalui website Anda.
  6. Produk dan informasi akan terpublikasi ke seluruh dunia.(Media advertising hanya terbatas lokal saja).
  7. Sebagai tempat penjualan (Showroom) 24 jam selain toko nyata.
  8. Website adalah investasi super murah. Bandingkan dengan toko nyata yang harus sewa ruko, bayar listrik, bayar karyawan, telpon, dll.
  9. Memudahkan pelanggan menghubungi, dan mendapatkan informasi produk dan jasa.
  10. Mendapatkan Pelanggan Baru setelah melihat informasi yang menarik  ada diwebsite.
  11. Salah satu kunci utama suksesnya sebuah website adalah website yang mampu menarik sebanyak mungkin pengunjung sebagai pelanggan.
D. JENIS WEBSITE
1. Website Statis : Situs web statis merupakan situs web yang memiliki isi tidak dimaksudkan untuk diperbarui secara berkala sehingga pengaturan ataupun pemutakhiran isi atas situs web tersebut dilakukan secara manual.
2. Website Dinamis : Situs web dinamis merupakan situs web yang secara spesifik didisain agar isi yang terdapat dalam situs tersebut dapat diperbarui secara berkala dengan mudah. Sesuai dengan namanya, isi yang terkadung dalam situs web ini umumnya akan berubah setelah melewati satu periode tertentu. Situs berita adalah salah satu contoh jenis situs yang umumnya mengimplementasikan situs web dinamis.
E. MENGAPA HARUS ADA WEBSITE?
Website diharuskan ada di internet karena peranan website di internet sangatlah penting. Jika tidak ada website, maka tidak ada informasi di internet yang dapat diakses oleh user. Hal ini disebabkan karena informasi tersebut tidak memiliki wadah atau tempat untuk meletakkan informasinya. Kita bisa mengibaratkan website itu seperti rumah yaitu rumah bagi informasi yang ada di internet.

F. HASIL YANG DIDAPAT
Memahami tentang pengertian website, jenis beserta manfaat website.

G. KESIMPULAN
Website adalah sebuah situs di internet yang berisi tentang informasi-informasi yang dapat diakses oleh user atau pengguna.

H. MASALAH DIHADAPI
-

I. REFERENSI
https://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web https://www.baliwebs.com/id/artikel-berita/85-apakah-itu-website-manfaatnya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar